Selasa, 26 Februari 2008

Hiearchical Image Classification??

Hell yeah...
itu kira2 judul skripsi yang mau gua buat...
Kenapa sih harus hiearchical? kenapa sih harus Image? Kenapa sih Harus Classification?

Hiearchical
Implementasi secara hirarki dapat lebih menangkap (menggaEt) makna semantik dari suatu objek klasifikasi, karena dilihat dari kenyataan di dunia ini yang semua hal ngga ada yang 'flat' maknyanya..
misalkan untuk ayam, ayam adalah binatang yang berkembangbiak dengan bertelur, dia termasuk aves, sedangkan aves adalah termasuk binatang, dan binatang adalah makhluk hidup, dan... seterusnya...
kenyataan pada dunia ini yang ngga 'flat' tersebut akan lebih mudah dikonsepkan dalam bentuk yang bertingkat.

Image
Temu kembali informasi yang gua buat di skripsi gua, ngga mungkin pake 'text', karena permintaan informasi pada zaman ini sudah lebih ke tingkat yang kompleks dan salah satunya adalah citra, dimana ciri atau feature yang ada bukan dalam bentuk teks 'plain'.

Classification
Mengelompokkan image atau citra akan memudahkan dalam proses temu kembali, mengapa? coba bayangkan jika kita memiliki 1000000 (baca: 1 juta) image pada database, dan disimpan dalam folder tidak teratur, untuk melakukan sebuah 'query' citra, semua citra harus dibandingkan untuk menemukan citra yang relevan, jika satu perbandingan citra memakan waktu 0.01 detik, maka untuk satu query tersebut dibutuhkan waktu sebanyak 10.000 detik (atau 2.7 jam) untuk sebuah query?
Klasifikasi akan mengelompokkan objek2 tersebut, dalam hal ini citra, kedalam kelompok yang relevan, misalkan citra dengan warna dominan hijau akan berada dalam folder yang sama dengan citra lain dengan karakteristik tersebut. sehingga query dapat dilakukan tanpa harus melakukan perbandingan terhadap seluruh koleksi..

Tidak ada komentar: